Senin, 14 Oktober 2013
Organisasi
Pengertian Organisasi
Pengertian organisasi
merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok sebagai
tempat dimana orang-orang berkumpul dengan sistematis, terencana, terorganisasi,
terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material,
mesin,
metode,
lingkungan),
sarana - parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien
dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi
tujuan tertentu.
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut.
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan pimpinan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengertian / Definisi Organisasi
Informal dan Organisasi Formal
- Organisasi Formal
- Organisasi Informal
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan tujuan yang sama dengan perwujudan sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan manfaat seperti pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus.Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup.
Ciri – Ciri Organisasi
Bentuk organisasi akan mempunyai
unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk
Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan merupakan
suatu tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang
telah ditetapkan, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaiman cara bekerja
sama tersebut akan dilaksankan. Pengertian tempat sini adalah dalam arti fungsi
yaitu menampung keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat membuat wadah sekumpulan
orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh,
organisasi wanita, dan sebagainya.
2. Proses kerja sama sedikitnya antar
dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan
tempat kerja sama juga merupaka proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.
Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka
organisasi itu di susun harus lebih sempurna.
3. Jelas tugas kedudukannya
masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan
kedudukan masing-masing akan dapat lebih jelas, dengan demikian pekerjaan ganda
dan sebagainya akan dapat di hindarkan.
4. Ada tujuan tertentu
Perencana yang kurang baik tetapi
organisasinya baik akan cendrung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang
baik tetapi organisasi tidak baik.
Unsur - unsur
Unsur - unsur
Menuruth Keith Davis ada tiga unsur
penting partisipasi:
- Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
- Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. Ini berarti, bahwa terdapat rasa senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok.
- Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://evazahrotul.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi_10.html
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/definisi-dari-organisasi-menurut-10.html
http://www.google.com
http://evazahrotul.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi_10.html
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/definisi-dari-organisasi-menurut-10.html
http://www.google.com
Pengertian Organisasi
Pengertian organisasi
merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok sebagai
tempat dimana orang-orang berkumpul dengan sistematis, terencana, terorganisasi,
terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material,
mesin,
metode,
lingkungan),
sarana - parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien
dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi
tujuan tertentu.
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut.
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan pimpinan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengertian / Definisi Organisasi
Informal dan Organisasi Formal
- Organisasi Formal
- Organisasi Informal
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan tujuan yang sama dengan perwujudan sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan manfaat seperti pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus.Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup.
Ciri – Ciri Organisasi
Bentuk organisasi akan mempunyai
unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk
Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan merupakan
suatu tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang
telah ditetapkan, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaiman cara bekerja
sama tersebut akan dilaksankan. Pengertian tempat sini adalah dalam arti fungsi
yaitu menampung keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat membuat wadah sekumpulan
orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh,
organisasi wanita, dan sebagainya.
2. Proses kerja sama sedikitnya antar
dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan
tempat kerja sama juga merupaka proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.
Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka
organisasi itu di susun harus lebih sempurna.
3. Jelas tugas kedudukannya
masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan
kedudukan masing-masing akan dapat lebih jelas, dengan demikian pekerjaan ganda
dan sebagainya akan dapat di hindarkan.
4. Ada tujuan tertentu
Perencana yang kurang baik tetapi
organisasinya baik akan cendrung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang
baik tetapi organisasi tidak baik.
Unsur - unsur
Unsur - unsur
Menuruth Keith Davis ada tiga unsur
penting partisipasi:
- Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
- Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. Ini berarti, bahwa terdapat rasa senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok.
- Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://evazahrotul.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi_10.html
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/definisi-dari-organisasi-menurut-10.html
http://www.google.com
http://evazahrotul.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi_10.html
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/definisi-dari-organisasi-menurut-10.html
http://www.google.com
Pengertian Organisasi
Pengertian organisasi
merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok sebagai
tempat dimana orang-orang berkumpul dengan sistematis, terencana, terorganisasi,
terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material,
mesin,
metode,
lingkungan),
sarana - parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien
dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi
tujuan tertentu.
Menurut para ahli terdapat beberapa
pengertian organisasi sebagai berikut.
- Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan pimpinan mengejar tujuan bersama.
- James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
- Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.
- Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.
Pengertian / Definisi Organisasi
Informal dan Organisasi Formal
- Organisasi Formal
- Organisasi Informal
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan tujuan yang sama dengan perwujudan sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan manfaat seperti pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran. Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus.Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup.
Ciri – Ciri Organisasi
Bentuk organisasi akan mempunyai
unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:
1. Sebagai Wadah Atau Tempat Untuk
Bekerja Sama
Organisasi adalah merupakan merupakan
suatu tempat dimana orang-orang dapat bersama untuk mencapai suatu tujuan yang
telah ditetapkan, sebab setiap orang tidak mengetahui bagaiman cara bekerja
sama tersebut akan dilaksankan. Pengertian tempat sini adalah dalam arti fungsi
yaitu menampung keinginan kerja sama beberapa orang untuk mencapai tujuan tertentu.
Dalam pengertian umum, maka organisasi dapat membuat wadah sekumpulan
orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu misalnya organisasi buruh,
organisasi wanita, dan sebagainya.
2. Proses kerja sama sedikitnya antar
dua orang
Suatu organisasi, selain merupakan
tempat kerja sama juga merupaka proses kerja sama sedikitnya antar dua orang.
Dalam praktek, jika kerja sama tersebut di lakukan dengan banyak orang, maka
organisasi itu di susun harus lebih sempurna.
3. Jelas tugas kedudukannya
masing-masing
Dengan adanya organisasi maka tugas dan
kedudukan masing-masing akan dapat lebih jelas, dengan demikian pekerjaan ganda
dan sebagainya akan dapat di hindarkan.
4. Ada tujuan tertentu
Perencana yang kurang baik tetapi
organisasinya baik akan cendrung lebih baik hasilnya dari pada perencanaan yang
baik tetapi organisasi tidak baik.
Unsur - unsur
Unsur - unsur
Menuruth Keith Davis ada tiga unsur
penting partisipasi:
- Unsur pertama, bahwa partisipasi atau keikutsertaan sesungguhnya merupakan suatu keterlibatan mental dan perasaan, lebih daripada semata-mata atau hanya keterlibatan secara jasmaniah.
- Unsur kedua adalah kesediaan memberi sesuatu sumbangan kepada usaha mencapai tujuan kelompok. Ini berarti, bahwa terdapat rasa senang, kesukarelaan untuk membantu kelompok.
- Unsur ketiga adalah unsur tanggung jawab. Unsur tersebut merupakan segi yang menonjol dari rasa menjadi anggota. Hal ini diakui sebagai anggota artinya ada rasa “sense of belongingness.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi
http://evazahrotul.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi_10.html
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/definisi-dari-organisasi-menurut-10.html
http://www.google.com
http://evazahrotul.blogspot.com/2012/10/pengertian-organisasi_10.html
http://teori-organisasi-umum-1.blogspot.com/2013/05/definisi-dari-organisasi-menurut-10.html
http://www.google.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar